Jumat, 31 Juli 2009

Cara Menyetel Renggang Klep

 

Pada motor 4 tak jarak renggang klep diperlukan untuk mengatasi perubahan renggang klep akibat panas yang dialirkan dari ruang bakar.

Yang dimaksud dengan renggang klep adalah jarak renggang antara ujung tappet klep dengan ujung batang klep. Kerenggangan dapat terjadi bilamana pelatuk klep (rocker arm) dalam keadaan bebas, tidak tertekan oleh tonjolan pada noken as (cam shaft).

Bila jarak renggang klep terlalu renggang, akan terjadi bunyi mesin yang tidak normal dan bila terlalu rapat, klep menjadi tertekan terus selama mesin berputar, sehingga kompresi berkurang, atau bisa jadi klep terbakar. Bahaya itu bro! untuk itu perlu dilakukan penyetelan renggang klep.

Akan tetapi, dalam melakukan penyetelan kita harus tahu dulu syarat-syarat melakukan penyetelan klep, diantaranya pemeriksaan dan penyetelan renggang klep dilakukan pada kondisi mesin dingin (dibawah 35 derajat C). Selain itu, harus dilakukan pada saat piston di titik mati atas pada langkah kompresi.

Cara penyetelan dapat dilakukan sebagai berikut. (Dipraktekkan pada Honda Revo)

  1. Tempatkan sepeda motor di tempat yang agak luas, nyaman dan terhindar dari anak-anak.
  2. Buka bodi motor bagian tengah dengan menggunakan obeng +. DSC00176
  3. Buka penutup lubang intip tanda top dan rotor magnet. DSC00178
  4. Buka tutup klep/tutup kepala silinder (Honda Revo, CS1).DSC00177
  5. Putar rotor magnet (fly wheel) searah putaran mesin, sambil melihat klep “IN”. Apabila terlihat pelatuk klep “IN” turun kemudian naik kembali, berarti piston sudah pada langkah kompresi. Tepatkan tanda garis “T” pada rotor magnet dengan tanda pada crank case cover left. (Pada honda Revo tidak ada lubang untuk rotor magnet, jadi memutarnya menggunakan engkol stater).DSC00183
  6. Longgarkan mur pengikat(lock nut), dan putar adjusting screw ke arah merenggang secukupnya.DSC00179
  7. Masukkan fuller gauge dengan ukuran standar sesuai type (lihat tabel). Penyetelan dapat dianggap benar, bila fuller gauge ditarik agak seret tetapi dikembalikan tidak bisa dan fuller tidak tergores.DSC00186
  8. Kencangkan kembali mur pengikat bila kerenggangan sudah tepat, dengan posisi fuller gauge masih terpasang.
  9. Cek lagi, bila sudah tepat pasang kembali sesuai urutan kebalikan.

Ukuran renggang klep

Type sepeda motor

in

ex

Honda Revo

0.1 mm

0.1mm

Honda Supra

0.03-0.05mm

0.03-0.05mm

Honda GL Max, Mega Pro, Tiger

0.1mm

0.1mm

Honda CS1

0.08mm

0.28mm

Yamaha Jupiter Z

0.06-0.08mm

0.06-0.08mm

Suzuki Smash

0.06-0.08mm

0.06-0.08mm

Related Posts



Comments :

7 komentar to “Cara Menyetel Renggang Klep”

Ok, Bro .. ane jadi ngerti nich ! biar lebih asyiiik and seru lanjutin dong proses pengapian, biar para biker kagak cuma dikadalin bengkel, yg lagi nglakuin sperpart. trim

Teguh Supriyadi mengatakan...
on 

ukey gampang

Apa aja mengatakan...
on 

BRO GIMANA MENAMBAH TENAGA MOTOR ?

Anonim mengatakan...
on 

makasih bro ntar ane coba di rumah

Anonim mengatakan...
on 

makasih brow?infonya. . .
skalian info tentang pengapianya ya?ane tunggu. . .
makasih. ,

Unknown mengatakan...
on 

Klo untuk motor tossa gmna broo. Tosa yg mirip tiger 2000.

Unknown mengatakan...
on 

Bro klo masang rantai keteng yg bener gmn y??
Motorku MP 2003
Dtunggu jawabannya y

Unknown mengatakan...
on 

Posting Komentar